LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT BAKORWIL

Setelah dilaksanakan tinjauan dan penilaian langsung oleh TIM ASESSOR AKREDITASI Provinsi Jawa Barat, dua hari merupakan tantangan dan kegiatan yang cukup unik, menarik dalam mempertahankan Evaluasi Diri yang disampaikan oleh TIM Akreditasi Sekolah.

Hari sabtu, 9 Agustus 2008, Tim Akreditasi SMAN 7 Bekasi mendapat Advice dan Praktek langsung yang dilakukan oleh Tim Pengawas Pembina SMA Negeri 7 Bekasi ( Ibu Luci dan Ibu Eha ); apa saja yang harus dilakukan dalam menghadapi TIM Asessor Provinsi ( Bapak Drs. Timbul Kusdijantoro, MM dan Drs. Harob, MM yang sebelumnya tidak diketahui Siapa Asessor yang akan melakukan pemeriksaan di SMA Negeri 7 Bekasi, hari Senin, 11-12 Agustus 2008 itulah kami baru mengetahui dan mengenal beliu ).

Tumpukan berkas Arsip empat tahun kami gelar dan diberi nomor 1 s.d. 165 yang terbagi menjadi 8 (delapan) standar penilaian, antara lain;

  • STANDAR ISI ( Nomor Instrumen 1 s.d. 15 );
  • STANDAR PROSES ( Nomor Instrumen 16 s.d. 25 );
  • STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ( Nomor Instrumen 26 s.d. 50 );
  • STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ( Nomor Instrumen 51 s.d. 70 );
  • STANDAR SARANA DAN PRASARANA ( Nomor Instrumen 71 S.D. 100 );
  • STANDAR PENGELOLAAN ( Nomor Instrumen 101 s.d. 120 );
  • STANDAR PEMBIAYAAN ( Nomor Instrumen 121 s.d. 145 );
  • STANDAR PENILAIAN ( Nomor Instrumen 146 s.d. 165 )

Selanjutnya SMA N 7 Bekasi juga mendapatkan kehormatan menjadi peserta Lomba Sekolah sehat tingkat BAKORWIL Propinsi Jawa Barat yang pelaksanaannya pada hari Jum’at 15 Agustus 2008. Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) perlu mendapat perhatian dari semua komponen masyarakat terutama warga Sekolah yang menyandang gelar sekolah berbudaya Lingkungan ( Eco School ) ini. Penataan lingkungan yang bersih, Kantin yang representatif baik dari segi pelayanan maupun dari segi jenis dan kualitas makanan yang disajikan, kader PMR yang mampu memasyarakatkan pola hidup bersih dan sehat, sistem drainase dan pencahayaan yang memadai, biopori untuk penyimpanan air tanah untuk mengatasi kekeringan dan yang tidak kalah pentingnya adalah struktur organisasi dan pengkaderan yang berkesinambungan merupakan hal – hal yang sangat penting dalam Kategori sekolah Sehat. Hal – hal yang terkait dalam penilaian sekolah sehat tidak jauh berbeda dengan apa yang menjadi tuntutan dalam Sekolah Adiwiyata dimana SMAN 7 Bekasi saat ini sudah menjadi Calon Adiwiyata yang dianugrahi Penghargaan Dua Mentri, yakni; Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Lingkungan Hidup yang akan dinilai lagi tahun 2009 untuk mencapai gelar Adiwiyata Nasional.

Kami berharap SMA Negeri 7 Bekasi menjadi Juara dalam penilaian LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT BAKORWIL, yang juga selanjutnya masuki Tingkat Nasional.

Penulis : MP dan Humas SMAN 7 Bekasi

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: